• Tentang
  • Kontak
Kamis, Juli 24, 2025
  • Login
Tribratanews Karanganyar
  • Home
  • Berita
    • Utama
    • Health & Fitness
    • Inovasi
    • Prestasi
    • pilkades
  • Satuan
    • SPKT
    • SAT RESKRIM
    • Sat Reserse Narkoba
    • SAT LANTAS
    • Sat Intelkam
    • Sat Binmas
  • Berita Polsek
    • Polsek Gondangrejo
      • Berita Polsek Gondangrejo
    • Polsek Colomadu
      • Berita Polsek Colomadu
    • Polsek Jenawi
      • Berita Polsek Jenawi
    • Polsek Jumantono
      • Berita Polsek Jumantono
    • Polsek Karangpandan
      • Berita Polsek Karangpandan
    • Polsek Matesih
      • Berita Polsek Matesih
    • Polsek Tawangmangu
      • Berita Polsek Tawangmangu
    • Polsek Ngargoyoso
      • Berita Polsek Ngargoyoso
    • Polsek Tasikmadu
      • Berita Polsek Tasikmadu
    • Berita Polsek Kerjo
    • Berita Polsek Jaten
    • Berita Polsek Kebakkramat
    • Berita Polsek Mojogedang
    • Berita Polsek Jumapolo
  • Informasi
  • Gallery
  • Video
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
    • Utama
    • Health & Fitness
    • Inovasi
    • Prestasi
    • pilkades
  • Satuan
    • SPKT
    • SAT RESKRIM
    • Sat Reserse Narkoba
    • SAT LANTAS
    • Sat Intelkam
    • Sat Binmas
  • Berita Polsek
    • Polsek Gondangrejo
      • Berita Polsek Gondangrejo
    • Polsek Colomadu
      • Berita Polsek Colomadu
    • Polsek Jenawi
      • Berita Polsek Jenawi
    • Polsek Jumantono
      • Berita Polsek Jumantono
    • Polsek Karangpandan
      • Berita Polsek Karangpandan
    • Polsek Matesih
      • Berita Polsek Matesih
    • Polsek Tawangmangu
      • Berita Polsek Tawangmangu
    • Polsek Ngargoyoso
      • Berita Polsek Ngargoyoso
    • Polsek Tasikmadu
      • Berita Polsek Tasikmadu
    • Berita Polsek Kerjo
    • Berita Polsek Jaten
    • Berita Polsek Kebakkramat
    • Berita Polsek Mojogedang
    • Berita Polsek Jumapolo
  • Informasi
  • Gallery
  • Video
No Result
View All Result
Tribratanews Karanganyar
No Result
View All Result
Home Berita

Apresiasi dan Catatan di Balik Layanan Aduan Pelanggaran Personel Polri

by Tbnews Karanganyar
1 Jul 2023
Reading Time: 7 mins read
Apresiasi dan Catatan di Balik Layanan Aduan Pelanggaran Personel Polri
Share on FacebookShare on TwitterShare via WA@PolresKra

Selain dilakukan dalam cakupan internal, keterlibatan masyarakat terus didorong untuk turut mengawasi kinerja dan melaporkan pelanggaran yang dilakukan anggota Polri. Keterbukaan Polri dalam merangkul masyarakat dan menghadirkan kanal pengaduan berkualitas diapresiasi
publik untuk meningkatkan profesionalitas Polri_

Salah satu komitmen Kepolisian Republik
Indonesia (Polri) utuk terus meningkatkan profesionalitas anggotanya dilakukan dengan pengawasan yang ketat. Dalam struktur resmi kelembagaan Polri, unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang bertanggung jawab terhadap tugas penting ini adalah Divisi Profesi
dan Pengamanan (Divisi Propam).

Sebagai ujung tombak dalam pengawasan etik dan disiplin personel Polri, Divisi Propam tentulah menjadi etalase dalam membentuk budaya profesional Polri. Fungsi untuk membinaserta mengadakan pertanggungjawaban dan pengamanan
internal menjadi amanat yang penuh tantangan bagi Divisi Propam untuk menjaga marwah Polri.

Komitmen Divisi Propam untuk terus bangkit berbenah tak lain berangkat dari banyak evaluasi dan pembelajaran berharga pada masa lampau.

Kini, dengan semangat untuk menguatkan profesionalitas dan kualitas sumber daya manusia anggota Polri, pembenahan di berbagai lini dilakukan oleh Divisi Propam.Selain penguatan internal,
hal yang juga dinilai penting adalah dengan mendorong keterlibatan aktif masyarakat, guna bersama-sama dapat mengawasi kinerja dan profesionalitas yang ditunjukkan oleh personel Polri.

Pelibatan publik ini tak lain juga menjadi bentuk transparansi agar terus mendorong kepercayaan publik pada Divisi Propam dan institusi Polri keseluruhan yang kini melaju pada kondisi yang semakin membaik.

Jumlah personel Polri yang mencapai lebih 500.000 dan tersebar di seluruh wilayah sampai desa-desa, tentu ada keterbatasan jika pengawasan hanya dengan mengandalkan fungsi pengawasan internal.

Andil besar publik menjadi sangat penting dalam pengawasan ini. Hal ini sekaligus menjadi potret kebersamaan masyarakat dan Polri untuk dapat saling
membangun ke arah yang lebih
positif. Ruang untuk menampung
beragam laporan dari masyarakat terhadap tindakan pelanggaran anggota Polri dibuka oleh Divisi Propam melalui berbagai kanal pengaduan.

Selain mendatangi langsung kantor
polisi, mengirimkan surat, kini
layanan aduan Divisi Propam juga telah banyak berinovasi dengan pemanfaatan teknologi digital.Polri bahkan kini telah membuat akses layanan Pengaduan Masyarakat (Dumas) dalam kanal digital secara lebih terintegrasi. Layanan pengaduan terintegrasi ini dapat
diakses melalui aplikasi digital ”Presisi” yang di dalamnya memuat fitur Dumas Presisi.

Dumas Presisi ini merupakan kanal daring pengaduan masya rakat atas perilaku dan tindakan anggota Polri yang melakukan pelanggaran terkait manajerial, disiplin dan kode etik serta penyelidikan dan penyidikan.

Termasuk dengan memanfaatkan layanan komunikasi Whatsapp Pelayanan Aduan
(Yanduan) Divisi Propam. Pemanfaatan Whatsapp Yanduan yang dapat diakses hanya dengan nomor 0812-1010-6700 ini
diharapkan lebih memudahkan dan populer di banyak kalangan masyarakat sehingga pemanfaatannya lebih efektif.

*A p re s i a s i*

Upaya Polri, khususnya Divisi Propam, untuk meneguhkan komitmen membuka akses
seluas-luasnya bagi publik untuk turut berperan mengawasi profesionalitas personel mendapat apresiasi dari publik. Hal itu tergambarkan dari hasil jajak pendapat oleh Litbang Ko m p a s kepada 1.00 responden nasional pada pertengahan Juni 2023.

Hasil survei merekam, ada sekitar 35,8 persen responden yang mengaku pernah menggunakan layanan pengaduan masyarakat untuk melaporkan pelanggaran oleh anggota Polisi. Berdasarkan pengalaman responden tersebut, sebagian besar pengaduan dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi (46,5 persen).
Sementara ada sekitar 36,4 persen responden lainnya, lebih memilih memanfaatkan aplikasi digital pengaduan
masyarakat. Dalam proporsi lebih kecil, sekitar satu dari se-puluh responden memilih bersurat dan menggunakan Whatsapp untuk membuat pengaduan.

Secara garis besar, kualitas pelayanan aduan masyarakat yang dihadirkan oleh Divisi Propam melalui berbagai kanal
tersebut diapresiasi publik.Responden yang mengaku pernah memiliki pengalaman dalam mengakses layanan pengaduan menyatakan puas, baik saat proses penerimaan laporan, penanganan pengaduan, hingga tahap akhir penyelesaian pengaduan dilakukan.
Setidaknya delapan dari sepuluh responden puas ketika laporan pengaduan yang disampaikan diterima dengan baik
oleh layanan pengaduan.

Lalu pada tahap lebih lanjut,sekalipun sedikit berkurang,tingkat kepuasan pelayanan pada proses penanganan pengaduan masih tinggi di angka
70,4 persen.

Pada tahap penyelesaian pengaduan, mayoritas responden masih menunjukkan kepuasannya sekalipun secara proporsi kembali berkurang menjadi tiga per lima bagian. Pada proses akhir ini, terselesaikan tidaknya pengaduan yang dilakukan serta kadar yang dapat
diukur pada hasil yang memenuhi harapan, memang lebih bergantung pada sisi subyektif masyarakat yang mengadu. Sementara terkait kualitas, dari sisi respons pelayanan aduan, dinilai positif oleh tak kurang dari sekitar empat per lima bagian responden.

Layanan pengaduan yang diakses dari
aplikasi digital ataupun kanal Whatsapp dinilai yang paling responsif. Layanan kanal digital memang memungkinkan bagi
pelapor untuk berkomunikasi dua arah secara efektif guna mendapatkan keterbaruan informasi terkait tindak lanjut yang berjalan. Sejalan dengan itu, dalam hal kualitas transparansi yang dihadirkan, sebanyak 64,3 persen
responden yang mengakses layanan merasakan bahwa proses pelayanan aduan masyarakat sangat terbuka. Aplikasi digital dan datang langsung ke kantor
polisi menjadi kanal pengaduan yang sejauh ini dinilai responden paling transparan.

Citra Polri
Lebih lanjut, keterbukaan
Polri, khususnya Divisi Propam,dalam merangkul masyarakat luas dan menghadirkan kanal-kanal pengaduan yang berkualitas tersebut secara langsung mampu memberikan dampak positif terhadap wajah institusi. Pelayanan aduan masyarakat yang dinilai positif selayaknya pula menjadi perwajahan nyata lembaga kepolisian di mata publik.

Hasil jajak pendapat merekam kepuasan atas pelayanan yang diterima saat melakukan pengaduan masyarakat Divisi
Propam akan berkonsekuensi positif terhadap citra lembaga Polri yang terbangun di mata publik.

Dalam kondisi responden sebelum mengakses layanan aduan masyarakat, hanya sekitar 48,9 persen yang memandang citra Polri baik. Namun, setelah responden tersebut memiliki pengalaman
langsung berhadapan pada proses pelayanan aduan masyarakat dari berbagai kanal yang tersedia, ada sekitar 74,4 persen responden yang menyatakan
bahwa citra Polri baik.

Kenaikan signifikan, lebih dari 25 persen citra positif bagi lembaga Polri tentu menjadi catatan penting. Pelayanan
aduan masyarakat yang dihadirkan sejatinya bukan hanya sebagai sarana membangun keterlibatan aktif publik.

Dalam konteks yang lebih luas, pelayanan aduan tersebut menjadi perwajahan dan tolak ukur paling dekat atas kinerja
Polri yang ditunjukkan kepada masyarakat. Lewat kualitas pelayanan aduan ini pula kepercayaan publik terhadap institusi Polri dapat dipupuk dan bertumbuh kian subur.

Peningkatan citra positif Polri ini juga terkonfirmasi dari survei periodik Ko m p a s pada periode Mei 2023. Angka citra
lembaga Polri meningkat 11,7 persen menjadi 61,6 persen dari periode survei sebelumnya, pada Januari 2023. Segenap capaian positif ini tentu belum menjadi akhir dan perlu terus konsisten untuk ditingkatkan.

Meski demikian, sejumlah catatan perbaikan masih perlu ditingkatkan Polri dalam merespons layanan aduan masyarakat. Hasil jajak pendapat mencatat, masih ada 39 persen
responden yang belum puas terhadap penyelesaian aduan.Demikian pula dengan proses transparansi pengaduan. Satu dari empat responden menyatakan belum puas terhadap transparansi selama proses
pengaduan berlangsung.

Ada banyak tantangan besar di waktu mendatang yang akan terus menagih komitmen Polri,untuk dapat melindungi, mengayomi dan hadir memenuhi harapan publik. Kepercayaan masyarakat yang terbangun itu akan menjadi modal untuk menghidupkan optimisme dan tanggung jawab bersama dalam membangun cita-cita Polri yang ”Presisi” atau Prediktif,
Responsibilitas, Transparansi,dan Berkeadilan.

ShareTweetSendTweet
Previous Post

Gebyar Hari Bhayangkara ke-77 Polres Karanganyar di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar

Next Post

Menginjak 27 Tahun Pengabdian, Akpol 1996 Buka Ponpes Darul Qur’an Wira Satya dan Tasyakuran Santri Perdana

Related Posts

Polres Karanganyar Laksanakan Tanam Raya Jagung Serentak Kuartal III di Lahan Perhutanan Sosial untuk Dukung Swasembada Pangan 2025
Berita

Polres Karanganyar Laksanakan Tanam Raya Jagung Serentak Kuartal III di Lahan Perhutanan Sosial untuk Dukung Swasembada Pangan 2025

10 Jul 2025
Kasus Perusakan Ambulance Oleh Oknum Sopir Truk di Karanganyar Berakhir, Damai
Berita

Kasus Perusakan Ambulance Oleh Oknum Sopir Truk di Karanganyar Berakhir, Damai

20 Jun 2025
Karanganyar – Tim Asistensi dari Polda Jawa Tengah melaksanakan supervisi terhadap layanan Call Center Polisi 110 di Polres Karanganyar, Rabu (18/6/2025).
Berita

Karanganyar – Tim Asistensi dari Polda Jawa Tengah melaksanakan supervisi terhadap layanan Call Center Polisi 110 di Polres Karanganyar, Rabu (18/6/2025).

18 Jun 2025

Discussion about this post

Terbaru

Polres Karanganyar Laksanakan Tanam Raya Jagung Serentak Kuartal III di Lahan Perhutanan Sosial untuk Dukung Swasembada Pangan 2025

Polres Karanganyar Laksanakan Tanam Raya Jagung Serentak Kuartal III di Lahan Perhutanan Sosial untuk Dukung Swasembada Pangan 2025

10 Jul 2025
Kasus Perusakan Ambulance Oleh Oknum Sopir Truk di Karanganyar Berakhir, Damai

Kasus Perusakan Ambulance Oleh Oknum Sopir Truk di Karanganyar Berakhir, Damai

20 Jun 2025
Karanganyar – Tim Asistensi dari Polda Jawa Tengah melaksanakan supervisi terhadap layanan Call Center Polisi 110 di Polres Karanganyar, Rabu (18/6/2025).

Karanganyar – Tim Asistensi dari Polda Jawa Tengah melaksanakan supervisi terhadap layanan Call Center Polisi 110 di Polres Karanganyar, Rabu (18/6/2025).

18 Jun 2025
Komitmen Dukung Asta Cita Ketahanan Pangan, Polres Karanganyar Gelar Rapat Kesiapan  Penanaman Jagung Kuartal ke Tiga 

Komitmen Dukung Asta Cita Ketahanan Pangan, Polres Karanganyar Gelar Rapat Kesiapan  Penanaman Jagung Kuartal ke Tiga 

16 Jun 2025
Gandeng Organisasi Perguruan Silat, Polres Karanganyar Gelar Bhakti Sosial Religi Sambut Hari Bhayangkara Ke-79

Gandeng Organisasi Perguruan Silat, Polres Karanganyar Gelar Bhakti Sosial Religi Sambut Hari Bhayangkara Ke-79

13 Jun 2025

Populer

  • Polres Karanganyar Laksanakan Tanam Raya Jagung Serentak Kuartal III di Lahan Perhutanan Sosial untuk Dukung Swasembada Pangan 2025

    Polres Karanganyar Laksanakan Tanam Raya Jagung Serentak Kuartal III di Lahan Perhutanan Sosial untuk Dukung Swasembada Pangan 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengenal E-MP yang di Gunakan Sat Reskrim Polres Karanganyar untuk Proses Lidik Sidik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kabag Bin Opsnal Ditbinmas Polda Jateng Asistensi ke Polres Karanganyar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru di SMK Negeri Jumantono, Mendapatkan Materi Tentang Lalu-lintas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 17 Taruna Akpol TK.1/59 Yon Bhayangkara Dharma Tahun 2025 Tiba di Polres Karanganyar Dalam Rangka Pelaksanaan Latja

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Tribratanews Karanganyar

Tribratanews Polres Karanganyar Polda Jawa Tengah.
Alamat : Jl. Lawu No.3, Padangan, Jungke, Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar
Provinsi : Jawa Tengah
Kode Pos : 57713

  • Tentang
  • Kontak

© 2020 Tribratanews Polres Karanganyar Polda Jawa Tengah

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
    • Utama
    • Health & Fitness
    • Inovasi
    • Prestasi
    • pilkades
  • Satuan
    • SPKT
    • SAT RESKRIM
    • Sat Reserse Narkoba
    • SAT LANTAS
    • Sat Intelkam
    • Sat Binmas
  • Berita Polsek
    • Polsek Gondangrejo
      • Berita Polsek Gondangrejo
    • Polsek Colomadu
      • Berita Polsek Colomadu
    • Polsek Jenawi
      • Berita Polsek Jenawi
    • Polsek Jumantono
      • Berita Polsek Jumantono
    • Polsek Karangpandan
      • Berita Polsek Karangpandan
    • Polsek Matesih
      • Berita Polsek Matesih
    • Polsek Tawangmangu
      • Berita Polsek Tawangmangu
    • Polsek Ngargoyoso
      • Berita Polsek Ngargoyoso
    • Polsek Tasikmadu
      • Berita Polsek Tasikmadu
    • Berita Polsek Kerjo
    • Berita Polsek Jaten
    • Berita Polsek Kebakkramat
    • Berita Polsek Mojogedang
    • Berita Polsek Jumapolo
  • Informasi
  • Gallery
  • Video

© 2020 Tribratanews Polres Karanganyar Polda Jawa Tengah